Kamis, 25 Februari 2010

Sebanyak 350 Motif Batik Yogyakarta Telah Mendapat Hak Paten

Pasca ditetapkannya batik sebagai warisan dunia oleh UNESCO, sebanyak 350 motif batik Yogyakarta telah memperoleh hak paten dari Kementrian Hukum dan HAM. Berdasarkan catatan motif batik Yogyakarta mencapai 500 motif lebih.

Menurut Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Yogyakarta Hj Dyah Suminar mengatakan, sejak ditetapkannya batik oleh UNESCO sebagai warisan dunia, batik semakin dikenal luas di kalangan internasional. Dirinya berharap batik Yogyakarta bisa terus dikembangkan agar batik bisa benar-benar dicintai masyarakat. Selain itu, para perajin batik dituntut untuk selalu kreatif, inovatif, dan dinamis.

Dyah menambahkan, untuk mendukung kelestarian dan perkembangkan batik di Yogyakarta akan terus dilakukan berbagai kegiatan berupa pelatihan-pelatihan. Kegiatan-kegiatan tersebut akan dipusatkan di Griya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jalan Tamansiswa, Yogyakarta.

Minimnya Batik motif Yogyakarta di Pasar Lokal

Berdasarkan pemantauan, penguasaan pasar batik motif Yogyakarta khususnya di DIY baru mencapai 10-20 persen dibanding batik-batik dari daerah lain, seperti Pekalongan atau Solo. Padahal menurutnya, kota Yogyakarta terkenal dengan keunggulan kain batiknya, dan banyak wisatawan yang datang langsung ke Yogyakarta untuk berburu batik.

Dyah menambahkan ketersediaan barang dan bahan batik bermotif Yogyakarta atau batik yang dibuat di Yogyakarta sendiri lebih sedikit dibandingkan motif batik daerah lain, sehingga hal itu juga mempengaruhi produksi busana motif batik Yogyakarta. Padahal jumlah pengusaha batik di Yogyakarta cukup banyak, namun produksinya belum mampu mencapai angka yang signifikan untuk lebih bisa menguasai pasar.

Melestarikan batik sebagai warisan budaya memang harus didukung oleh segala lapisan masyarakat. Dengan memakai batik dalam aktiftas keseharian setidaknya merupakan ikut berperan serta dalam melestarikan warisan budaya yang telah diakui dunia internasional. Sudahkah Anda memakai batik?

1 komentar:

azizah mengatakan...

Sudah sepantasnya perbatikan di indonesia ini di jaga dan di lestarikan... salam batik